Batangono, BanggaiKep.go.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banggai Kepulauan Rahmat Labou, S.Ip dalam acara kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Desa Batangono Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan, Jumat (6/3/2020) menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan Evaluasi Desa di lingkup Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan.

“Evaluasi desa akan dimulai tahun ini tujuan dari evalusi Desa agar dapat mengetahui sejauh mana kinerja Pemerintah Desa dalam menjalankan tugas dan tanggunjawabnya”, kata Rahmat Labou dalam sambutannya.

Lanjut Kadis, “Yang akan dievaluasi adalah bagimana penyelengaraan pemerintah desa, serta sampai sejauh mana pelaksanaan pembangunan yang ada di desa”, kata Rahmat.

Selanjutnya menurut Kadis PMD Rahmat, “Dari evalusi akan ada rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah desa agar desa tersebut dapat berbenah dan berubah guna menuju pada peningkatan”, tandas Kadis.

Rahmat juga menyampaikan tujuan dari pelaksanaan evaluasi terhadap desa agar dapat merubah status desa berdasarkan klasifikasinya yakni desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju serta desa mandiri.

Sementara itu, Rahmat menegaskan “Kalau desa menerima Dana Desa sebesar Rp. 800 juta maka Pendapatan Asli Desanya (PAD) harus sebesar Rp. 400 s/d 500 juta, dari sini akan terlihat bagaimana perkembangan dari sebuah desa”, ujar Rahmat. (JARKominfo)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *