Salakan, BanggaiKep.go.id – Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Persiapan Mengikuti Lomba Inovasi Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19

Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D Adam serta Forkopimda, Kapolres, Kajari diwakili oleh Kasi Intelijen,TNI Pabung Dandim 1308 diwakili oleh Danramil Tinangkung, didamping Sekertaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan menggelar rapat sehubungan dengan semakin membaiknya situasi covid-19 di Kabupaten Banggai Kepulauan dan persiapan mengikuti Lomba Inovasi Daerah.

Ikut serta dalam rapat, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kantor Kemenag, Camat, Kabag Setda, Ketua MUI, Imam Masjid serta Tokoh Agama, bertempat di ruangan Rapat Kantor Bupati, Sabtu 30/5/2020.

Bupati menjelaskan bahwa berdasarkan laporan perkembangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan bahwa OTG, 1 orang Negatif dan 1 orang terkonfirmasi Positif sementara dalam masa penyembuhan di SKB.

Bupati meminta agar Aparatur Petugas Pemerintah mempunyai PEMAHAMAN yang sama, yakni menyuarakan keputusan pemerintah mengenai penaganan pencegahan COVID-19 sesuai dengan kewenangan masing-masing yang diberikan dalam Gugus Tugas.

Saat ini Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan terus menerus melakukan himbauan-himbauan karena tidak mungkin Pemerintah berdiam saja membiarkan keadaan pandemic saat ini. Langkah ini diambil sebagai tindakan Pemerintah daerah dengan status preventif atau pencegahan dengan harapan masyarakat dapat semakin memahami situasi yang memerlukan kesadaran masyarakat memberlakukan protokol Kesehatan dalam kegiatan sehari-hari, yakni pembatasan berkumpul banyak orang, menjaga jarak orang satu dengan lainnya, agar memakai masker jika keluar rumah untuk urusan penting serta selalu mencuci tangan.

Dengan demikian diperlukan kedisiplinan dari Aparatur, Petugas maupun masyarakat, oleh karena itu sudah ditugaskan TNI, POLRI dan SATPOL-PP siap selalu untuk mengawal kedisiplinan ini.

Mengenai Tatanan Normal Baru Produktif (New Normal Life), adalah keadaan dimana masyarakat sudah dilonggarkan bisa melakukan aktifitas kegiatan dengan tetap melakukan protokol kesehatan.
Jika ada pelonggaran untuk melakukan aktifitas bukan berarti bebas tidak perlu memakai masker dan melanggar protokol kesehatan lainnya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa berdasarkan rapat Bupati dengan Menteri Dalam Negeri serta pejabat Kementerian terkait, melalui video conference 29/5/2020, bahwa akan diadakan lomba Inovasi Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19.

Dalam rapat ini telah disepakati Kabupaten Banggai Kepulauan akan mengikuti Lomba Inovasi Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19tersebut dan akan dibentuk Tim Pelaksana.

Camat Bulagi Utara turut hadir dan melaporkan bahwa di wilayah Kecamatan Bulagi Utara sudah melaksanakan himbauan Pemerintah yang dilakukan oleh Masyarakat maupun Petugas. Adapun untuk Inovasi sudah ada dibentuk pos tempat Petugas menjaga Pasar. Pengunjung sebelum masuk pasar wajib memakai masker dan mencuci tangan ditempat cuci tangan yang disediakan.

Pada kesempatan ini Ketua MUI mengatakan bahwa MUI akan membentuk Tim Kabupaten yang akan melakukan sosialisasi ke desa-desa adanya pelonggaran untuk salat beribadah di Masjid dengan tetap memperhatikan dan memberlakukan protokol Kesehatan.

Diakhir rapat Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forkopimda, Pejabat, ASN, Tokoh Agama, Petugas dan Masyarakat semua yang telah mencurahkan tenaga dan berupaya memikirkan bagaimana mencegah COVID-19 di Kabupaten Banggai Kepulauan.

KondKominfo, DisKominfo, Gugus Tugas Covid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *