Malanggong, BanggaiKep.go.id – Sejak memasuki musim hujan di tahun ini, beberapa rumah warga di Desa Malanggong Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan sudah dua kali terendam banjir.

Banjir pertama yang melanda Desa Malanggong pada 28 Juni 2020 menyebabkan beberapa rumah warga tergenang banjir akibat curah hujan yang tinggi dimusim penghujan tahun ini.

Sudah hampir seminggu belakangan ini hujan terus turun bahkan 4 hari terakhir tidak pernah berhenti sehingga menyebabkan air sungai Kayubulon dan sungai Malanggong meluap sampai ke perkampungan dan menyebabkan beberapa rumah warga terendam banjir lagi pada Jumat, (31/7/2020).

Komples yang terendam banjir yang terjadi di dusun 2 khususnya rumah Bapak Matius Tangiduk dan Sdr. Esdin Botiki yang juga memang menjadi langganan setiap tahun.

Apabila musim hujan tiba pasti dua rumah itu selalu terendam banjir bahkan tahun ini sudah dua kali terendam banjir setinggi 1 Meter lebih.

Kades Malanggong Isak Monggilali mengatakan, “Kami sudah cukup berusaha untuk mengantisipasi banjir yang melanda malanggong setiap tahun apabila musim hujan tiba, mulai dari mengupayakan pembangunan drainase, gorong-gorong dikomples yang sering terjadi banjir yang parah tapi itu pun tidak dapat mengatasinya”.

“Kami hanya berharap ada perhatian khusus dari Pemda untuk mengatasi masalah ini,” sambung Isak.

Salah satu masyarakat Desa Malanggong yang enggan namanya untuk disebutkan mengatakan “Memang ada beberapa hal yang menyebabkan banjir di Desa Malanggong yakni pertama drainase yang ada harus ditingkatkan khususnya dijalur jalan poros karena debet air hujan semakin besar masuk diperkampungan”.

Menurutnya, Perlu dibangun beberapa plat deker dijalan poros yang disertai pembangunan drainase ke arah laut dan juga tidak bisa dipungkiri beberapa rumah yang sering terendam banjir karena posisi rumah sudah berada dibawah jalan raya jadi wajar kalau rumahnya terendam. (AmosKominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *