Alul, BanggaiKep.go.id – Sebagian besar masyarakat Banggai Kepulauan yang mengetahui letak geografis Desa Alul Kecamatan Bulagi ketika mendengar bahwa Desa Alul terendam banjir sulit untuk mereka percaya.

Tapi itulah fakta yang terjadi, pada hari Jumat, 31 Juli 2020, Desa Alul Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah terendam banjir setinggi 1 Meter bahkan ada dibagian tertentu sampai 120 Meter.

Camat Bulagi Norma Liling ketika mendapat laporan dari Pemerintah Desa Alul langsung turun ke lokasi kejadian untuk memastikan hal tersebut.

Setibanya dilokasi kejadian, Camat Bulagi langsung memerintahkan Kades Alul Okranus Tombuki untuk mendata masyarakat yang menjadi korban banjir.

Dari laporan yang ada, korban banjir Desa Alul sebanyak 20 Kepala Keluarga 76 jiwa.

Sumber terjadinya banjir akibat longsornya perbukitan sehingga air dari arah perbukitan mengalir mengikuti jalur longsor yang berada kurang lebih 1 KM dari perkampungan. Selain itu, banjir juga disebabkan karena posisi Desa Alul berada didataran rendah (dilembah) dan dikelilingi perbukitan.

Mendengar laporan dari Camat Bulagi melalui WhatApp Grup Informasi BanggaiKep, Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D. Adam langsung memerintahkan Dinas terkait dilingkup Pemda BanggaiKep untuk turun ke lokasi kejadian.

Demikian juga dengan Kapolres Banggai Kepulauan AKBP. Reja A. Simajuntak, SH.SIK.MH langsung memerintahkan anggota Polres BanggaiKep menuju Desa Alul untuk membantu penanggulangan banjir. (AmosKominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *