Salakan, BanggaiKep.go.id – Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D. Adam buka dengan resmi Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan- Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Banggai Kepulauan, Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2021, Rabu, (13/10/2021).

Dalam sambutan Bupati menyampaikan “Selaku Pimpinan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas di selenggarakannya kegiatan ini guna memajukan seluruh perpustakaan di Kabupaten Banggai Kepulauan.”

Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan sangat mengapresiasi kepada pihak Perpustakaan Nasional, yang terus memberikan perhatian di daerah melalui pembangunan fisik maupun non fisik.

“Saya sangat mengharapkan instansi terkait sebagai mitra advokasi dinas perpustakaan dan kearsipan untuk terus bersinergi dalam hal perencanaan kegiatan untuk perpustakaan desa agar bisa berkembang dan menjadi pusat informasi dan edukasi masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia  di Kabupaten Banggai Kepulauan yang kita cintai ini,” ucap Bupati.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perpustakaan Ramlin M. Hamid, S.Pd.,SD menjelaskan bahwa Transformasi perpustakaan inklusi sosial ialah suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup untuk kesejahteraan masyarakat.

“Inklusi ialah tindakan yang terjadi di suatu kelompok dengan keterlibatan perorang maupun masyarakat yang berkarater dan berbudaya,” ucap Ramlin.

Menurut undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, bahwa perpustakaan sebagai center live from education yaitu pusat pembelajaran dari tingkat pusat sampai ketingkat desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Banggai Kepulauan adalah salah satu dari lima Kabupaten yang mendapat program ini di Provinsi Sulawesi Tengah dan yang terbanyak adalah Kabupaten Banggai Kepulauan yaitu lima perpustakaan desa.

“Adapun perpustakaan penerima manfaat yaitu Desa Alakasing, Desa Tunggaling, Desa Mansamat B, Desa Sambiut, Desa Ponding-ponding,” kata Kepala Dispusip BanggaiKep.

Kegiatan dilakukan di Ruang Rapat Kantor Bupati BanggaiKep dihadiri oleh Kadis PMD, Ketua TP-PKK, Konsultan Pendamping dan undangan lainnya. (RoyKominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *