Tataba, BanggaiKep.go.id – Sebagian wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan (BanggaiKep) sedang menghadapi panen raya cengkeh, khususnya di wilayah Kecamatan Buko dan Buko Selatan.

Dibeberapa Desa, panen raya tahun ini membuat para petani cengkeh kualahan mencari buruh pemetik bunga cengkeh, pasalnya sulitnya mencari pekerja untuk pemanenan.

Beberapa petani cengkeh yang ada di Kec. Buko saat dijumpai Jurnalis DisKominfo Pemda BanggaiKep pada Senin (16/11/2020) mengeluhkan hal ini yakni sulit mencari pemetik bunga cengkeh padahal bulan ini sudah memasuki puncak masa panen.

Salah satu petani cengkeh asal Desa Batangono Kec. Buko Gat Beteno menyatakan memang tahun ini sulit mencari pekerja pemetik bunga cengkeh.

“Nampaknya ini dampak dari virus Corona yang membuat susahnya orang dari luar daerah untuk datang kemari, kalau tahun sebelumnya banyak orang dari Manado yang datang untuk jadi buruh pemetik cengkeh, tapi tahun ini nampaknya tidak ada,” ucap Gat.

“Kalau keadaannya seperti ini kami petani cengkeh bisa rugi, karena bunga cengkeh sudah siap panen bahkan ada yang sudah mekar dan pasti kalau tidak segera dipetik ujungnya berbiji tidak dapat dipanen lagi,” ungkap Gat. (AmosKominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *