Salakan, BanggaiKep.go.id – Kunjungan  Tim Monitoring Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) pendamping wilayah timur Indonesia di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Kamis, (18/11/2021).

Adapun tujuan kunjungan tersebut dalam rangka memantau dan mengevaluasi hasil kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai salah satu penyelenggara program dari 5 (lima) Perpustakaan desa sebagai penerima manfaat Program TPBIS yang diluncurkan oleh pihak PERPUSNAS RI.

Saat wawancara singkat dengan Konsultan Pendamping PERPUSNAS RI Dharmawan mengatakan, “Saya monitoring dan evaluasi lima desa penerima manfaat untuk Kabupaten Banggai Kepulauan karena Tahun ini Kabupaten Banggai Kepulauan dapat lima desa program ini.”

“Adapun Desa yang mendapatkan manfaat yaitu Desa Alakasing, Desa Sambiut, Desa Tunggaling, Desa Mansamat B, dan Desa Ponding-Ponding, saya mau pastikan bahwa bantuan dari Perpustakaan diterima dengan baik,” ucap Dharmawan.

Konsultan Pendamping PERPUSNAS RI juga menyampaikan bahwa tahun ini, sebanyak 450 perpustakaan desa yang mendapat bantuan untuk program transformasi berbasis inklusi di 159 Kabupaten salah satunya di Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Saya lihat kepala dinas dan seluruh jajarannya Perpustakaan Daerah sangat respon baik terutama juga dari dukungan-dukungan Pemerintah Daerah,” tutur Dharmawan.

Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Banggai Kepulauan Ramlin.Hamid,S.Pd,SD.M.AP juga menyampaikan bahwa suatu keberuntungan masyarakat atas perhatian Pemerintah Pusat melalui PERPUSNAS RI.

“Dengan adanya program tersebut kebutuhan masyarakat tentang akses informasi dapat terjangkau dengan mudah dan cepat, memperkuat peran perpustakaan umum dalam mendorong akselerasi peningkatan kualitas SDM yang mampu meningkatkan taraf hidup,” ucap Ramlin.

“Harapan saya untuk keberlanjutan Program TPBIS di Banggai Kepulauan mendapat dukungan dari semua komponen khususnya PEMDA Banggai Kepulauan,” tutup Ramlin

Kunjungan Tim Monitoring disambut hangat oleh Kadis serta Kabid Perpustakaan di ruang kerja Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Bangkep. (RoyKominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *