Tataba, BanggaiKep.go.id – Curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu menyebabkan terjadinya longsor disejumlah lokasi jalan poros Trans Peling yang mengakibatkan material longsor menutupi badan jalan.

Longsor yang terjadi di Desa Leme-leme Darat Kecamatan Buko mengakibatkan akses jalan tertutup sehingga mengharuskan Pemerintah Desa dan masyarakat secara swadaya dengan alat seadanya membersihkan material longsor dengan membuat jalan alternatif.

Demikian pula dengan longsor yang terjadi dijalan antara Desa Lalengan dan Desa Batangono lokasinya tak jauh dengan sekolah SMPN 2 Buko yang mengakibatkan akses jalan tertutup akibat material longsor menutupi badan jalan.

Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D. Adam saat mendapat laporan dari Plt. Camat Buko Kori Yalume, S.Sos telah terjadi longsor dijalan Trans Peling di Wilayah Kecamatan Buko, Bupati langsung memerintahkan Dinas terkait untuk menggerakkan alat berat dalam penanganan di wilayah Kecamatan Buko.

Pada hari Senin, (3/8/2020) ketika masyarakat Desa Batangono secara swadaya hendak membersihkan material longsor dan membuat jalan alternatif untuk pengguna kendaraan, selang beberapa menit kemudian alat berat tiba dilokasi longsor dan membersihkan material longsor dijalan antara Desa Lalengan dan Desa Batangono dekian juga halnya ruas jalan di Desa Leme-leme Darat sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Kepala Desa Ledar Welly Siako, SH dan Kepala Desa Batangono Herpin Montolitus ditempat terpisah menyatakan ungkapan terima kasih kepada Bapak Bupati Banggai Kepulauan yang sudah mengirim alat berat untuk membersihkan material longsor sehingga akses jalan sudah kembali normal. (AmosKominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *