Jakarta, BanggaiKep.go.id – Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, SH.,LL.M hadiri rapat koordinasi Nasional terkait inflasi dalam rangka pengendalian inflasi di daerah secara virtual, Senin, (21/11/2022).

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kementerian Dalam Negeri RI, turut hadir Menteri Pertanian RI, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian dan Lembaga, Deputi Bidang Distribusi Barang dan Jasa, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Satgas Pangan Polri, Koorsahli Panglima TNI, Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung, Gubernur seluruh Indonesia, Walikota/Bupati Seluruh Indonesia dan Forkopimda Kabupaten dan Kota.

Kegiatan di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan doa dilanjutkan dengan pemaparan-pemaparan sebagai berikut diantaranya: Pertumbuhan ekonomi nasional ditentukan oleh kerja pemerintah pusat dan semua pemerintahan di daerah, Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada pada angka positif yakni 5,72% pada Quartal 3 sementara negara lain masih banyak berada dibawah 5%, Data Inflasi Indonesia, yakni 5,71% untuk bulan oktober mengalami penurunan dari 5,95% dari bulan september, Tingkat inflasi Indonesia berada di rangking 139 dari 186 Negara di dunia.

Salah satu faktor inflasi yang terkendali adalah pangan sebesar 6,76% dibandingkan 7,71% di bulan september, Komoditas beras menjadi kontributor tertinggi terhadap inflasi pangan nasional, serta mengalami tren peningkatan harga sejak bulan juli 2022.

Saat ini, BUMN Pangan sebagai perpanjangan tangan pemerintah hanya memiliki stok pangan yang sangat kecil dibandingkan kebutuhan bulanan nasional, sehingga tidak dapat melakukan intervensi untuk stabilisasi pasokan dan harga hulu-hilir.

Selanjutnya, pemaparan Best Practice DKI Jakarta dan Walikota Tual sebagai daerah dengan Tingkat inflasi terendah bulan oktober 2022 dan penyampaian hambatan atau kendala oleh Gubernur Kalimantan Selatan dan Bupati Siantang sebagai daerah dengan inflasi tinggi bulan oktober 2022. (IKP-KOMINFO)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *