Salakan, BanggaiKep.go.id – Launching Aplikasi Versi 10.0 dan Pelatihan Penginputan Pada Sistem Elektronik Monitoring Evaluasi Pengendalian dan Pelaporan Pembangunan (E-Monep˖) dilaksanakan di Lantai II Ruang Rapat Kantor Bupati Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (19/02/2020).

Aplikasi e-monep adalah aplikasi internal Pemerintah Daerah yang merupakan sistem format Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Realisasi Anggaran bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbasis Elektronik dalam rangka mengawasi perencanaan, pengaanggaran, target dan pelaksanaan kinerja yang dilakukan oleh masing-masing Perangkat Daerah se-Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dalam penerapannya, aplikasi e-Monep˖ ini telah meningkatkan versi sistem yang sebelumnya pada tahun 2019 versi 9.1 dan saat ini menjadi versi 10.0, dengan dilakukannya penyederhanaan sistem pengimputan data sekaligus mengimplementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan, Keuangan Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengawasan serta evaluasi kinerja perangkat daerah dan upaya mendorong penyerapan anggaran yang akan diwujudkan sasaran program berkualitas di Kab. BanggaiKep.

Dalam Sambutan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Samsuddin, Sp.d.,MM  menyampaikan “Dengan adanya aplikasi ini, kepala daerah akan lebih mudah mengontrol setiap program dan kegiatan yang sementara berlangsung, Jika terjadi permasalahan ataupun persoalan kongkrit pada kegiatannya akan lebih mudah terlihat dan diatasi”, kata Samsuddin.

Sambung Kabag, ” Kami informasikan bahwa, Laporan Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran APBD Kabupaten atau Kota se-Sulawesi Tengah tahun anggaran 2019 dengan posisi pertama dari Kabupaten Morowali 96,04%, sumber data Monev TEPRA LKPP RI”.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Bupati BanggaiKep Dra. Jeane B. Rorimpandey, dalam sambutan Jeane mengatakan “Melalui Lanching e-Monep˖ ini, saya berharap kepada piminan OPD yang dinilai kinerjanya agar selalu memberikan perhatian kepada admin entri dalam pengimputan realisasi anggaran dan kepada admin entri dalam pengimputan realisasi anggaran OPD masing-masing harus meningkatkan disiplin dalam pelaporannya sehingga bisa menghasilkan laporan yang sesuai dengan realisasi yang ada”, ujar Jeane.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Perangkat Daerah serta Admin OPD se-Kab. BanggaiKep dan Camat Se-Kab. BanggaiKep. (TrisKominfo)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.